Inilah Asal Mula Nama Madiun

Sendang Kuncen Madiun
Kita Punya Cerita - Pada masa pemerintahan Ki Ageng Reksogati dan Pangeran Timur nama Madiun belum ada. Daerah ini dulunya disebut Kadipaten Puroboyo. Asal kata Madiun mempunyai banyak versi.

Ditinjau dari berbagai sudut pandang, nama Madiun berasal dari gabungan kata “medi” (hantu) dan “ayun-ayun” (berayunan). 

Sesuai dengan sejarahnya ketika Ki Mpu Umyang atau Ki Sura bersemedi untuk membuat sebilah keris di sendang panguripan ( sendang amerta ) di Wonosari ( Kuncen, sekarang ) diganggu gendruwo atau hantu yang berayun-ayun di pinggir sendang. Maka keris tersebut diberi nama ” Tundung Mediun ”.

Kemudian cerita lainnya berasal dari “Mbedi” (sendang) “ayun-ayunan” (perang tanding) yaitu perang antara Prajurit Mediun yang dipimpin oleh Retno Djumilah di sekitar sendang. Kata ”Mbediun” sendiri sampai sekarang masih lazim diucapkan oleh masyarakat terutama di daerah Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. 

Mereka mengucapkan Mbediun untuk menyebutkan Madiun. Versi berikutnya adalah Madya-ayun yaitu Madya ( tengah ) ayun ( depan ), Pangeran Timur adalah adik ipar dan juga salah satu bangsawaan Demak yang sangat di hormati oleh Sultan Hadiwijoyo di Kasultanan Pajang, pada waktu acara pisowanan beliau selalu duduk sejajar dengan Sultan Hadiwijoyo di Madya ayun ( tengah depan ). 

Dan letak sendang ini satu kompleks dengan Masjid Kuno Kuncen, Kota Madiun.  Ini sangat strategis untuk dijadikan wisata religius karena banyak mengandung sejarah dan peninggalan-peninggalan yang perlu dilestarikan.

Wisata sejarah yang mengandung nilai religius tinggi ini merupakan salah satu cagar budaya yang wajib dilestarikan.

#kitapunyamadiun #kitapunyacerita #kitapunyawisata #kitapunyabudaya #kitapunyasilat #madiunpunyakita #madiunpunyacerita #madiunpunyawisata #madiunpunyabudaya #madiunpunyasilat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Asal Mula Nama Madiun"

Post a Comment