Wedang Uwuh, Diracik dari Kayu Manis dan Secang

Kita Punya Kuliner - Wedang dalam bahasa Jawa berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Minuman ini dinamakan wedang uwuh karena bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah.

Racikan wedang uwuh terdiri dari daun cengkeh, kayu manis, daun pala, jahe, kayu secang, dengan menggunakan pemanis dari gula batu. Minuman ini memiliki warna merah yang dihasilkan dari penggunaan kayu secang. Wedang uwuh nikmat disajikan dalam kondisi panas.

Cita rasa dari minuman ini adalah pedas dari jahe, dan rasa segar yang dikeluarkan dari beragam jenis daun-daunan yang diseduh dengan air panas. Tidak hanya segar, wedang uwuh juga diyakini memiliki beragam khasiat karena menggunakan beragam rempah yang selama ini memang terkenal memiliki beragam khasiat.

Dilihat dari bahan pembuatannya yang sangat alami, Wedang Uwuh memiliki berbagai manfaat dan dapat menyembuhkan batuk, capek, masuk angin, pegal, dan kembung.

Manfaat Mengonsumsi Wedang Uwuh

Wedang uwuh ternyata memiliki berbagai manfaat, diantaranya dapat menurunkan Kolesterol. Bahan yang terkandung dalam wedang uwuh yang dapat menurunkan kolesterol tersebut adalah jahe. Jahe, sangat berguna sebagai pemancar peredaran darah dalam tubuh. Sifat keungggulan yang dimiliki jahe mampu mencegah terjadinya pembekuan darah dan lebih baik jika dibandingkan dengan bawang merah atau bawang putih.

Manfaat jahe sebagai bahan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan di Jepang yang membuktikan bahwa penyerapan kolesterol dalam hati dan darah bisa dicegah dengan zat alami yang dikandung jahe.

Selain itu, jahe juga bisa membantu mengendalikan tekanan darah tinggi dengan cara mengurangi laju peredaran darah sehingga tidak terlalu menekan pembuluh arteri.

Manfaat wedang uwuh berikutnya adalah mengobati masalah perut. Ini berasal dari salah satu kandungan wedang uwuh,  yaitu kayu manis. Kayu manis inilah yang akan membuat rasa dari minuman herbal ini menjadi lebih nikmat. Kayu manis, mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat menangkal parahnya radikal bebas.

Tidak hanya itu, kandungan ini juga mampu membuat kulit menjadi lebih awet muda dan mengatasi masalah perut. Wedang uwuh juga mampu menghilangkan capek yang disebabkan karena aktivitas sehari-hari.

Bahan wedang uwuh yang juga berkhasiat sangat baik adalah kayu secang. Kayu secang inilah yang memiliki manfaat diantaranya untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti batuk darah, sifilis, dan peradangan. Kayu secang juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, menjadi antioksidan, antikanker, melegakan pernafasan dan melancarkan peredaran darah.

Selain itu,  bahan wedang uwuh yang memiliki kandungan berupa saponin, flavonoid, dan polifenol yang sangat bermanfaat untuk melancarkan menstruasi, melancarkan sistem pencernaan, menghilangkan nyeri, meredakan perut mulas, mengatasi penyakit lambung, serta melancarkan sirkulasi darah.

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi wedang uwuh adalah badan akan terasa lebih segar. Selain itu, wedang uwuh juga dapat membuat tubuh lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Kemudian, manfaat lain dari wedang uwuh adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar aliran darah. 

Karena, akan sangat berbahaya jika aliran darah kita tidak lancar. Dampaknya adalah berbagai gangguan kesehatan lain. Minuman ini sudah begitu dikenal dengan sebutan sebagai obat alami untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Masuk angin yang sering datang dan menyerang tiba-tiba juga dapat disembuhkan dengan minuman ini. Hal ini karena salah satu kandungan dari wedang uwuh sangat berperan untuk mencegah serta mengatasi masuk angin.

Selanjutnya, wedang uwuh mampu untuk memberi kehangatan pada tubuh kita. Hal ini di karenakan salah satu bahan alami yang digunakan untuk meracik wedang uwuh adalah jahe. Jahe ini lah yang dapat menghangatkan badan terlebih lagi di saat cuaca dingin.

Selain beberapa manfaat diatas, ada 4 manfaat lain dari wedang uwuh yaitu, mengatasi sakit gigi, mengobati perut kembung, mengatasi sakit kepala dan mengatasi obesitas.

#kitapunyamadiun #kitapunyacerita #kitapunyawisata #kitapunyabudaya #kitapunyasilat #kitapunyakuliner  #madiunpunyakita #madiunpunyacerita #madiunpunyawisata #madiunpunyakuliner #madiunpunyabudaya #madiunpunyasilat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wedang Uwuh, Diracik dari Kayu Manis dan Secang"

Post a Comment