Desa Wisata Kampung Ceria Desa Pule

Kita Punya Wisata – Desa Wisata Kampung Ceria Desa Pule merupakan salah satu tempat wisata yang asik  buat keluarga. Desa Wisata ini mengusung tema Tirta Ceria. Desa Wisata Tirta Ceria Desa Pule ini memiliki 3 kolam bermain khusus untuk anak - anak , waterboom, pusat kuliner dan toko serta fasilitas lain yang tentunya menyebabkan nyaman pengunjung.

Selain itu, di lokasi Desa Wisata yang  terletak di Desa Pule, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun ini juga tersedia wahana mainan anak-anak seperti odong-odong, pemancingan, pasir ajaib, pegas, dan simulator escavator. Tirta Ceria juga memiliki taman bunga, gazebo untuk pengunjung yang ingin bersantai ria maupun sekedar refreshing, serta spot selfi yang asik untuk para pengunjung. 

Masyarakat yang datang pun bukan cuma dari warga sekitar, namun warga dari berbagai tempat pun turut datang ke wisata lokal buatan tersebut. Apalagi lokasi Kampung Ceria Desa Pule ini berada di perbatasan, antara Kabupaten Ngawi, Magetan dan Kota Madiun.

Desa Wisata Kampung Ceria Desa Pule ini dikelola oleh BUMDes setempat. Desa ini membangun kolam bermain Tirta Ceria di tanah kas desa atau bengkok desa seluas 1.700 m2 dari keseluruhan 75.000 m2. 

Dengan adanya Wisata Kampung Ceria di Desa Pule ini berdampak besar terhadap  pendapatan ekonomi warga sekitar langsung  terdongkrak dengan munculnya UKM di sekitar Kampung Ceria.

Festival Rendengan

Festival Rendengan Kampung Wisata Ceria Desa Pule merupakan event yang pertama kali digelar setelah Desa Wisata tersebut di launching. Festival Rendengan digelar pada Minggu (20/1/2019). Ada yang unik dan baru pertama kalinya ada di Kabupaten Madiun dalam festival tersebut, yakni kenduri kendi. 

Masyarakat yang datang ke lapangan desa tersebut tidak membawa tumpeng atau sesajen, melainkan membawa kendi yang berisi air dari rumah masing – masing warga, yang kemudian dilakukan kenduri dengan konsep budaya yang dikemas wisata. 

Setelah berdoa bersama kendi yang berisi air tersebut dibawa pulang kerumah masing – masing untuk disatukan dengan air yang ada di rumah mereka, dengan harapan bisa memebrikan manfaat dan rizki untuk keluarga.

Selain kenduri kendi, dalam festival rendengan tersebut juga ada penampilan budaya, seperti kesenian tari dan  dongkrek. Selain itu juga ada berbagai kegiatan menarik lainnya, seperti hunting foto, lomba balap klenting, lomba geretan gae debog, lomba tangkap bebek dan perang air. (kpm).

#kitapunyamadiun #kitapunyacerita #kitapunyawisata #kitapunyabudaya #kitapunyasilat  #madiunpunyakita #madiunpunyacerita #madiunpunyawisata #madiunpunyabudaya #madiunpunyasilat


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Desa Wisata Kampung Ceria Desa Pule"

Post a Comment